Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pendaki Dievakuasi dari Gunung Slamet

Kompas.com - 02/05/2012, 18:13 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com -- Dua siswa SMA Negeri 9 Yogyakarta yang tersesat di Gunung Slamet, Jawa Tengah, dievakuasi tim SAR. Pandu Yustisiawan (18) dan Koko (18), tersesat sejak Senin (30/4/2012).

Petugas Pos Pendakian Gunung Slamet, Jalur Bambangan, Sugeng menjelaskan, kedua siswa yang mendaki melalui jalur Baturaden tersebut sempat menghubungi pihak keluarga melalui SMS dan mengabarkan bahwa mereka tersesat.

"Melalui SMS, mereka mengabarkan tidak bisa turun dan tidak bisa naik. Juga dikabarkan bahwa Pandu sakit dalam pendakian tersebut," kata Sugeng, Rabu (2/5/2012).

Pihak keluarga yang menerima pesan itu, langsung menghubungi SAR Purbalingga. Saat itu, pihak keluarga belum mengetahui posisi keduanya, hingga Selasa pagi keluarga menerima pesan bahwa keduanya berada di puncak Gunung Slamet, tepatnya di daerah Plawangan.

"Setelah mengetahui posisi keduanya, delapan anggota SAR yang berada di Pos Pendakian Gunung Slamet, Desa Bambangan langsung berangkat," tutur Sugeng.

Sekitar pukul 11.30 WIB, ponsel keduanya sempat mendapat sinyal dan anggota SAR menanyakan posisi pasti serta perbekalan makanan. "Sempat ada sambungan telepon. Ternyata mereka terpisah. Kami menduga Koko mencari pendaki yang berada di puncak," kata Sugeng.

Beratnya medan menyulitkan evakuasi. Namun, kedua pelajar pendaki akhirnya berhasil dievakuasi ke Pos Pendakian Bambangan, Purbalingga, Selasa (1/5/2012) sekitar pukul 23.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com