Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermat dan Teliti Sebelum Ikut Bursa Kerja

Kompas.com - 26/04/2012, 04:25 WIB

Oleh: Widi Kurniawan 
kompasiana: widikurniawan

Belakangan ini marak diselenggarakan bursa kerja. Konsep ini disinyalir menguntungkan bagi pencari kerja karena dalam satu waktu dapat memilih perusahaan dan posisi pekerjaan yang diinginkan. Namun, bukan berarti bursa kerja adalah tempat paling sempurna untuk mencari kerja.

Saat masih menganggur empat tahun lalu, saya beberapa kali me­ngunjungi bursa kerja dan menemui kenyataan bahwa lowongan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan itu tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan posisi yang saya bayangkan.

Belum lagi, saat datang terlambat dibandingkan yang lain, terkadang saya menemukan stand-stand yang kosong dengan alasan lowongan sudah ditutup.

Pernah suatu ketika saya protes ke penyelenggara acara sebelum masuk ke bursa kerja. Saya menanyakan daftar lowongan dan perusahaan apa saja yang ada di dalam gedung. Karena tidak mendapat jawaban memuaskan, saya pun urung membeli tiket.

Saya sempat beranggapan, banyak bursa kerja abal-abal yang seenaknya saja mengeruk keuntu­ng­an dari uang tanda masuk pameran, sementara lowongan yang disediakan tidak lengkap dan kurang bonafid.

Tapi, tentu tidak semuanya seper­ti itu. Namun, sikap hati-hati dan persiapan yang baik sebelum datang ke bursa kerja perlu dikedepankan. Mungkin beberapa tips sebelum mencari kerja di bursa kerja berikut ini bisa membantu:

• Pastikan penyelenggara bursa kerja bisa dipercaya.

• Sebelum masuk, pastikan Anda telah mendapatkan informasi tentang lowongan yang disediakan.

• Siapkan berkas lamaran lengkap, bawa alat tulis, dan berpenampilan rapi.

• Datanglah pada awal waktu. Jika pameran berlangsung dua hari, misalnya, datanglah di hari pertama pada jam-jam awal.

• Terakhir, jangan kecewa berlebihan jika belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ingat, melamar kerja berarti siap bekerja untuk orang lain. Kenapa Anda tidak bercita-cita seperti orang lain itu, menciptakan pekerjaan bagi yang membutuhkan? [ http://kom.ps/ABQIOZ]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com