Kamis, 24 April 2014

News / Regional

Tim Ekspedisi Khatulistiwa Temukan Batu Mangkok Raksasa

Rabu, 25 April 2012 | 11:11 WIB

Baca juga

SAMBAS, KOMPAS.com — Tim Peneliti Ekspedisi Khatulistiwa Sub Korwil-1 Sambas beserta Tim Geologi dan Potensi Bencana menemukan batu raksasa berbentuk mangkok di sekitar Tanjung Datu, Desa Temajok, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Menurut perwira penerangan Sub Korwil-1 Sambas Mayor ARH MN Komarudin, Rabu (25/4/2012), batu yang mirip dengan mangkok ini memiliki panjang lebih kurang 30 meter dan tinggi 15 meter. Batu ini terbentuk karena hasil pengendapan selama ribuan tahun.  

Selain penemuan tersebut, Tim Peneliti juga mendatangi Batu Bejulang dan goa yang berada tepat di atas punggung Bukit Tanjung Datu. Di goa ini adalah ruangan-ruangan yang terbentuk oleh tumpukan batu pasir yang kemudian menjadi tempat habitat walet. Goa ini berada pada elevasi ± 420 mdpl yang berada di sisi barat dari Tanjung Datu.  

Kegiatan tim oleh Lettu Inf Cosmos dan Sertu Setya dalam bidang kehutanan juga menemukan beberapa pohon yang hampir punah akibat dari penebangan liar sekitar akhir tahun 90-an. Bekas potongan pohon masih tampak terlihat jelas berada di Bukit Tanjung Datu dengan diameter pohon rata-rata 75 cm.


Penulis: Edna C Pattisina
Editor : Robert Adhi Ksp