Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

Puluhan Anggota Geng Motor Terjaring Razia

Minggu, 22 April 2012 | 19:15 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Puluhan anggota geng motor yang terlibat balapan liar hingga meresahkan warga dan para pengguna jalan di jalur lintas barat Sulawesi dirazia petugas Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Minggu (22/4/2012) malam.

Jumlah petugas yang terbatas menyebabkan puluhan anggota geng motor yang setiap malam terlibat balapan liar dan taruhan sampai jutaan rupiah di Jalur Lintas Barat Sulawesi tepatnya di Pasar Campalagian Polewali Mandar lolos dari sergapan petugas. Razia ini mendapat simpati warga setempat yang mengaku sudah lama resah dengan ulah para geng motor.

Puluhan anggota geng motor yang rata-rata anak-anak muda ini berhasil dijaring petugas. Meski tidak menahan angggota geng motor yang terjaring, namun motor milik mereka ditahan petugas. Selain menahan motor, petugas juga menggeledah para pemilik motor untuk memastikan mereka tidak membawa senjata tajam atau barang-barang terlarang lainnya.

Razia ini cukup mendapat perhatian warga setempat. Warga kecamatan Campalagian yang biasanya tidak berani keluar malam saat para anggota geng motor beraksi di jalan raya, ramai-remai keluar rumah menyaksikan razia yang digelar petugas.

Banyaknya warga yang menonton memebuat petugas bingung memburu para pelaku geng motor yang berbaur dengan warga. Sejumlah warga menyambut gembira sikap polisi yang menggelar razia, lantaran ulah geng motor yang terlibat balapan liar setiap hari cukup meresahkan warga. Pasalnya mereka beraksi hingga larut malam dan mengganggu aktivitas dan para pengguna jalan di jalur lintas barat sulawesi.

Warga berharap razia geng motor kali ini tidak bersifat insidentil agar balapan liar yang sudah banyak merenggut nyawa bisa ditertibkan.

Kabag Ops Polres Polewali Mandar, Kompol Muh Darwis menegaskan, razia geng motor ini dimaksudkan untuk memberi rasa aman kepada warga yang memang sudah lama resah dengan ulah para geng motor. "Penertiban geng motor akan terus kita gencarkan. Semua lokasi berkumpul para geng motor di Polewali akan kita tertibkan untuk memberi rasa nyaman kepada warga," ujar Darwis.

Meski pemilik motor yang terjaring razia petugas tidak ditahan, namun puluhan motor yang tidak memiliki kelengkapan berkendara termasuk surat-surat dan aksesoris kendaraan lainnya ini disita dan diangkut petugas ke Mapolres Polewali Mandar.


Penulis: Junaedi
Editor : I Made Asdhiana