Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PITI Dirikan Masjid Cheng Hoo di Jember

Kompas.com - 20/04/2012, 22:17 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com --  Warga keturunan Tionghoa yang bergabung dalam Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jember mendirikan masjid berarsitektur China. Masjid yang dinamai Masjid Muhammad Cheng Hoo itu dibangun di atas lahan seluas 4.500 meter di Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur.

Saat acara peletakan batu pertama yang dilakukan Bupati Jember MZA Djalal, Jumat (20/4/2012), hadir sejumlah tokoh keturunan Tionghoa di Jember dan Surabaya. Mereka yang hadir bukan hanya pemeluk agama Islam, melainkan dari berbagai agama.

Ketua PITI Jember Bambang Pramono mengemukakan, untuk tahap pertama masjid ini masih dianggarkan sekitar Rp 2 miliar. Namun demikian, masih akan berkembang lagi karena akan tersedia berbagai fasilitas atau sarana pembelajaran di dalamnya.

"Sponsor utama pembangunan masjid ini adalah Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo," kata Bambang, Jumat.

HM Yusuf Bambang Suyanto, salah seorang Dewan Pendiri Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo mengatakan, pendirian masjid di Jember ini merupakan yang ketujuh dari masjid serupa di berbagai daerah. Ini diharapkan dapat menjadikan sarana untuk pembelajaran dan saling berkomunikasi dengan umat Islam setempat.

"Kehadiran sejumlah tokoh Tionghoa berbaur bersama PITI dan agama lain, mengingatkan akan jasa besar Gus Dur. Untuk itu, kita patut mendoakan Gus Dur," kata Djalal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com