Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Pendidikan Brebes dan Tegal Bentuk Tim Pengawas

Kompas.com - 16/04/2012, 21:12 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Untuk mengawasi pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA/SMK/MA yang berlangsung mulai Senin (16/4/2012) ini, Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes dan Kota Tegal membentuk tim pengawasansendiri.

Hal itu dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kecurangan, serta memastikan agar distribusi soal bisa berlangsung tepat, sehingga tidak ada siswa yang dirugikan.

Wakil Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes, Wijanarto, mengatakan, dalam pelaksanaan UN tahun ini, dewan pendidikan bukan termasuk tim pemantau independen. Meskipun demikian, Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes tetap membentuk dua tim kecil, yang masing-masing beranggotakan tiga orang, untuk mengawasi pelaksanaan UN.

Menurut dia, tim bertugas mengawasi rangkaian pelaksanaan UN, mulai dari distribusi soal, hingga pengembalian lembar jawaban. Pengawasan distribusi soal sangat penting dilakukan, terutama di wilayah Brebes selatan. Hal itu karena saat ini di wilayah itu sedang terjadi kerusakan jalan, tepatnya di jalur Ciregol, Kecamatan Tonjong, yang sering menimbulkan kemacetan.

"Khawatir karena faktor infrastruktur, akan terjadi keterlambatan," ujarnya.

Di Kota Tegal, dewan pendidikan setempat juga membentuk tim pengawasan tersendiri, untuk memantau pelaksanaan UN.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Tegal, Sisdiono Ahmad mengatakan, pihaknya menyertakan satu anggota dewan pendidikan dalam tim monitoring dinas pendidikan. Selain itu, Dewan Pendidikan kota Tegal juga mengadakan pengawasan tersendiri, dengan membentuk tim yang berjumlah sekitar enam orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com