Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Hari Tanpa Kendaraan Bermotor di Palangkaraya

Kompas.com - 15/04/2012, 11:25 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -  Jalan-jalan di sekitar Bundaran Besar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (15/4/2012) ini masih basah. Sisa hujan semalam berpadu udara segar, apa lagi matahari tak bersinar terik. Sungguh waktu yang amat tepat untuk menikmati suasana.

Situasi itulah yang dimanfaatkan masyarakat Palangkaraya untuk berolahraga, bercengkerama, atau sekadar mencari sarapan. Tak hanya di kota-kota besar di Jawa, di Palangkaraya pun digelar car free day atau hari bebas kendaraan bermotor setiap Minggu di Bundaran Besar pada pukul 05.00-07.30 WIB.

Bundaran Besar adalah pusat Kota Palangkaraya berupa kawasan hijau. Sejumlah warga memanfaatkan kawasan itu untuk bermain sepak bola, voli, dan bulutangkis. Sementara, di jalan-jalan sekitar Bundaran Besar terlihat sepeda berlalu lalang dengan tipe balap modern, tandem, fixie, lipat, hingga kumbang.

Tak sedikit pula warga yang joging jalan santai. Warga tidak perlu takut tertabrak kendaraan bermotor. Jalur-jalur di sekitar Bundaran Besar ditutup seperti sebagian Jalan Tjilik Riwut, Jalan Kinabalu, Jalan DI Pandjaitan, Jalan Brigj en Katamso, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Imam Bonjol.

Jika perut terasa lapar, tak perlu khawatir. Pedagang bubur ayam, roti bakar, bakso, dan nasi goreng dengan gerobaknya selalu siap melayani konsumen. Setiap jalan yang menuju Bundaran Besar dijaga polis i dan dipasang penghalang untuk kendaraan bermotor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com