Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-KTP Jakarta Mulai Dibagikan

Kompas.com - 12/04/2012, 21:23 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri telah menyerahkan sebanyak 1.370.000 fisik KTP elektronik atau e-KTP kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Sejak awal pekan ini, wilayah di Jakarta sudah mulai mendistribusikannya pada warga.

Kepala Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea, mengatakan bahwa pembagian e-KTP tidak sama seperti KTP biasanya. Warga tetap diminta datang kembali untuk menyesuaikan data dan sidik jari dengan menggunakan alat smart card reader.

"Jadi warga akan dipanggil lagi ke kelurahan untuk mencocokkan data," kata Purba, di Jakarta, Kamis (12/4/2012).

"Nanti dilakukan scan KTP dan pencocokan sidik jari telunjuk kanan, kemudian mengaktifkan data. Jika cocok baru diserahkan," imbuh Purba.

Saat ini, dari lima wilayah di Jakarta hanya wilayah Jakarta Barat yang telah lengkap memiliki smart card reader. Sebanyak 56 kelurahan di Jakarta Barat sudah mulai mendistribusikan 820.000 e-KTP sejak awal pekan ini.

Untuk Jakarta Utara hanya empat kelurahan yang telah menerima alat smart card reader dengan 2.000 e-KTP, di Jakarta Timur 10 kelurahan dengan 210.000 KTP, Jakarta Pusat 10 kelurahan dengan 6.000 KTP, Jakarta Selatan 15 kelurahan 330.000 KTP, dan Kepulauan Seribu 6 kelurahan dengan 2000 KTP.

Kendati demikian, dari jumlah 7,3 juta warga wajib KTP di Jakarta, hanya 5,5 juta warga atau 73 persen yang melakukan rekam data ulang ke kelurahan. Mengingat sisanya ternyata sudah tak tinggal lagi di Jakarta atau sudah meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com