Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relokasi Mundur, Siswa Terus Terganggu

Kompas.com - 12/04/2012, 17:28 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Pelaksanaan relokasi lima sekolah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, yang terkena proyek Tol Semarang-Solo terus mundur. Akibatnya, siswa harus terus mengalami gangguan dalam belajar.

Lima sekolah yang rencananya akan direlokasi adalah SD Negeri Kandangan 02 dan 04, SDN Bawen 04, SDN Klepu 01, dan TK Mekar Sari. Seharusnya relokasi dilakukan sebelum pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo. Namun, pelaksanaannya terus mundur. Gedung baru belum juga dibangun, sementara aktivitas pembangunan terus berjalan.

Sebelumnya, tim pengadaan tanah (TPT) menyebutkan, pembangunan gedung sekolah baru akan dimulai awal Maret, tetapi hingga kini belum ada realisasinya.

Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SDN Kandangan 02, Rohani, Kamis (12/4/2012), mengatakan, gangguan terus dialami meskipun pernah ada kesepakatan bahwa pengerjaan pembangunan baru akan dilakukan setelah jam pelajaran usai. Kenyataannya, aktivitas jalan terus dan mengabaikan ketenangan siswa untuk belajar.

"Anak-anak sering kaget karena tiba-tiba ada suara alat berat kencang sekali. Sampai kaca-kaca ikut bergetar, seperti gempa. Saya sering menangis memikirkan hal itu, kasihan anak-anak, apalagi sekarang sedang ujian tengah semester," ujarnya.

Kepala SDN Kandangan 02 Titik Rusmiati mengungkapkan hal senada. "Kami bisa apa? Kami hanya bisa menjalani situasi ini walaupun sulit," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com