Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultra Usulkan Enam Daerah Pemekaran Baru

Kompas.com - 10/04/2012, 18:42 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengusulkan kepada pemerintah pusat, untuk memekarkan enam daerah kabupaten/kota baru di wilayahnya. Keenam daerah itu yakni Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Buton Tengah, Buton Selatan , Muna Barat, dan Kota Raha.

"Kami masih menunggu Panitia Kerja DPR, yakni Komisi II, untuk mengunjungi Sultra guna memantapkan persiapan rencana pemekaran tersebut," kata Gubernur Sultra Nur Alam di Kendari, Selasa (10/4/2012).

Gubernur pun berharap, proses pemekaran ini bisa terealisasi secepatnya, bahkan jika memungkinkan pada tahun ini juga. Pemprov Sultra telah memberikan jaminan kepada pemerintah pusat dan DPR, untuk memenuhi dana talangan bagi kebutuhan daerah pemekaran tersebut saat awal-awal terbentuk nanti.

Saat ini Sultra memiliki 10 kabupaten dan dua kota, yakni Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Muna, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana, dan Kabupaten Wakatobi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com