Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelenggara Pemilu Tidak Dipercaya

Kompas.com - 10/04/2012, 18:22 WIB
Nina Susilo

Penulis

SABANG, KOMPAS.com- Unjuk rasa juga melanda Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (10/4/2012). Demonstran memprotes dugaan kecurangan yang dilakukan pasangan calon bupati dan wakil bupati petahana.

Ketua Panwaslu Kabupaten Aceh Tengah Yunadi melaporkan masalah dalam pilkada Kabupaten Aceh Tengah yang diikuti 11 pasangan calon melalui telepon kepada anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelini. Saat ini, ratusan warga pendukung 10 pasangan calon bupati dan wakil bupati mendatangi kantor Komisi Independen Pemilihan dan kantor Panwaslu Aceh Tengah. Kemudian, massa juga memprotes di depan kantor Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Protes massa disebabkan dugaan berbagai kecurangan seperti ratusan warga tidak mendapat undangan, dugaan pelibatan pegawai negeri sipil dalam kampanye, serta pembukaan tiga kotak suara oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dengan alasan berita acara penyerahan dari KPPS ke PPK tertinggal dalam kotak.

Mengantisipasi ketidakpercayaan massa, Tio menyarankan agar Panwaslu Aceh Tengah merekomendasikan penghitungan ulang suara dari kotak-kotak suara yang dibuka pada rekapitulasi di tingkat kecamatan. Bersamaan dengan itu, saksi-saksi pasangan calon dapat mengecek ada tidaknya rekayasa hasil penghitungan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com