Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Raflesia Mekar Hampir Bersamaan

Kompas.com - 02/04/2012, 20:55 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com- Tiga kuntum bunga Rafflesia arnoldii kembali mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang dan hutan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu dalam seminggu terakhir. Bahkan, dua bunga tidak hanya mekar hampir bersamaan tapi juga berdekatan lokasinya.

Dengan demikian, hingga Senin (2/42012) sudah ada enam bunga Rafflesia yang mekar di Bengkulu sejak Januari-Maret 2012. Sebagai informasi, di tahun 2011 ada 14 Rafflesia yang mekar di HL Bukit Daun, Taman Nasional .

Bunga yang mekar hampir bersamaan (hanya selisih satu hari) di HL Bukit Daun register 5 hanya berjarak sekitar dua meter saja. Satu bunga berdiameter lebih kurang 60 sentimeter dan bunga satunya sekitar 70 sentimeter. Adapun bunga yng mekar di Taba Penanjung berdiameter 50 sentimeter.

Tak ayal, peristiwa mekarnya Rafflesia, terlebih dua sekaligus di tempat yang berdekatan, menarik perhatian warga. Tidak sedikit pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang mampir untuk melihat Rafflesia mekar.

"Selama saya menekuni Rafflesia sudah dua kali saya lihat Rafflesia mekar dua sekaligus yang tempatnya berdekatan," kata Agus Susatya, peneliti Rafflesia Universitas Bengkulu (Unib) yang melihat mekarnya bunga tersebut.

Ketua Tim Peduli Puspa Langka dan Lingkungan (TP2L2) Holidin, mengatakan, dalam sebulan lagi diperkirakan ada satu Rafflesia lagi yang mekar. "Selain yang sudah mekar masih banyak bongkol bunga berbagai ukuran di sekitar bunga yang mekar sekarang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com