Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Kandidat Wali Kota Terbaik, Risma Mengaku Takut

Kompas.com - 02/04/2012, 19:39 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Masuk nominasi wali kota terbaik dunia, 2012 World Mayor Prize, versi The City Mayors Foundation justru membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani merasa khawatir. Wali kota perempuan pertama Surabaya itu khawatir berubah menjadi lemah dan sombong.

"Yang penting dan prioritas bagi saya adalah melayani masyarakat Surabaya. Penghargaan itu bukan utama," katanya di Balai Kota Surabaya, Senin (2/4/2012).

Karenanya, Risma sama sekali tidak mempermasalahkan dia kalah atau menang. Yang penting baginya, ujar Risma, adalah tetap menjalankan tanggung jawab moral dan amanah sebagai pemimpin yang dipilih rakyat.

"Justru saya takut kalau tingkat kepuasan masyarakat rendah saat saya memimpin," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, selain Risma, dua kepala daerah di Indonesia yang masuk nominasi 2012 World Mayor Prize adalah, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, dan Wali Kota Solo Joko Widodo. Mereka akan bersaing dengan 15 walikota dari Amerika Utara, 12 dari Amerika Latin, 24 dari Eropa, tiga dari Australia dan enam dari Afrika.

The City Mayor Foundation adalah organisasi nirlaba yang mempromosikan, mendorong dan memfasilitasi pemerintahan lokal yang terbuka dan kuat.

Sejak tahun 2004, organisasi ini meluncurkan penghargaan World Mayor Prize yang diadakan dua tahun sekali bagi para wali kota yang memimpin kota-kota di seluruh dunia.

Nominasi World Mayor Prize tahun ini akan diterima sampai pertengahan Mei 2012.

Berita dalam situs itu tidak menjelaskan proses penetapan para kandidat. Disebutkan, daftar itu akan diperbarui secara berkala di situs worldwayor.com dan Twitter. Sebuah daftar pendek yang terdiri dari 25 nomine akan dipublikasikan pada awal Juni 2012. Pemenangnya akan diumumkan pada Desember 2012.

Pemenang World Mayor Prize sebelumnya adalah Edi Rama (Tirana, 2004), Dora Bakoyannis (Athena, 2005), John So (Melbourne, 2006), Helen Zille (Cape Town, 2008), dan Marcelo Ebrard (Mexico City, 2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com