Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tomcat Serang Bocah di Polewali Mandar

Kompas.com - 02/04/2012, 07:18 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Serangan serangga paederus fuscipes atau yang lebih dikenal dengan nama tomcat semakin meluas. Di Polewali mandar, Sulawesi barat, seorang bocah berumur empat tahun kulitnya luka dan melepuh setelah terkena racun tomcat saat bermain di halaman rumahnya.

Untuk mencegah serangan tomcat semakin meluas hingga menyerbu ke dalam rumah, sejumlah warga dikelurahan pekkabata menangkap dan langsung memusnahkan langsung serangga jenis kumbang yang ditemukan/ lantaran mulai menyerang pemukiman.

Andi rahayu, 4, warga kelurahan pekkabata/ kecamatan Polewali, kabupaten Polewali mandar ini mengalami luka melepuh menyerupai luka bakar dipinggang sebelah kanannya setelah terkena serangga paederus fuscipes atau yang lebih dikenal dengan nama tomcat.

Di duga rahayu diserang serangga tomcat saat bermain di halaman rumahnya, belum diketahui secara pasti penyebab masuknya serangga tomcat dipemukiman warga di kelurahan pekkabata, pasalnya serangga jenis kumbang berwarna orange dan hitam ini biasanya hanya ditemukan didaerah persawahan.

Meski jumlah serangga tomcat tidak banyak, namun warga khawatir populasi tomcat di kabupaten polewali mandar semakin berkembang.

Untuk mengantisipasi bertambahnya populasi tomcat, beberapa warga yang rumahnya diserang tomcat akan melaporkan kejadian ini ke pemerintah setempat dengan membawa sampel serangga tomcat yang masih hidup. "Rasa sakit dan pedis," ujar Andi Rahayu, sang bocah yang menjadi korban tomcat.

Maria Ulfa, ibu Andi rahayu yang kaget mendapat badan anaknya melepuh langsung memeriksa situasi rumah dan sekitarnya. Rahayu kaget seteleh mendapati sejumlah serangga tomcat dalam rumahnya, tak jauh dari parkiran motor. "Saya kaget mendapati tomcat berkeliaran di sekitar motor dan saya langsung musnahkan," ujar Maria, Senin (2/4/2012).

Bagi warga yang terkena racun tomcat, segeralah dicuci dengan sabun hingga bersih, jangan dioles dengan odol, minyak kayu putih, balsem atau minyak tawon karena hasilnya akan memperparah reaksi inflamasi pada kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com