Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Lomba Layar Keliling Dunia Terjebak di Tengah Pasifik

Kompas.com - 01/04/2012, 22:26 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com- Sebuah perahu layar yang sedang mengikuti perlombaan kapal layar keliling dunia terjebak di tengah Samudera Pasifik, Minggu (1/4/2012), setelah dihantam gelombang tinggi yang mematahkan roda kemudinya. Empat awak perahu tersebut menderita luka parah.

Kesatuan Penjaga Pantai AS (USCG) mengerahkan pesawat angkut jarak jauh HC-130 Hercules menuju lokasi perahu, Sabtu (31/3/2012) malam waktu setempat untuk menjatuhkan pasokan obat-obatan. Namun, pesawat itu gagal menurunkan tim penyelamat karena cuaca buruk.

Perahu layar "Geraldton Western Australia" yang berukuran panjang 68 kaki (20,73 meter) dan berisi 13 awak kapal itu diterjang gelombang besar di lokasi sekitar 643,74 kilometer sebelah barat garis pantai negara bagian California, AS, Sabtu. Selain mematahkan roda kemudi, ombak itu juga menghanyutkan beberapa peralatan komunikasi.

Empat awak, yang terdiri atas tiga warga Inggris dan satu warga Australia, menderita patah tulang akibat insiden itu. Mereka kini dirawat oleh sebagian awak lain yang memiliki kemampuan paramedis.

Saat ini, perahu itu berlayar menggunakan kemudi sekunder menuju San Francisco, AS. Sebuah kapal barang sudah diperintahkan untuk mengubah arah pelayaran agar bisa bertemu perahu layar tersebut di tengah jalan untuk memberikan pertolongan.

"Geraldton Western Australia" adalah satu dari 10 perahu sejenis yang mengikuti balapan perahu layar keliling dunia Clipper Round The World. Insiden terjadi dalam etape pelayaran dari Qingdao, China, menuju San Francisco, AS.

Para peserta berangkat dari pelabuhan Southampton, Inggris, 31 Juli 2011, dan melintasi rute ke arah selatan menuju Madeira, Spanyol, sebelum ke arah barat menyeberangi Samudera Atlantik menuju Rio de Janeiro, Brasil, kemudian kembali ke arah timur ke Cape Town, Afrika Selatan, sebelum menyeberang Samudera Hindia ke Australia Barat, Selandia Baru, Australia Timur, Singapura, dan Qingdao, China.

Setelah dari San Francisco, peserta menuju New York di Pantai Timur AS dengan melintasi Terusan Panama. Dari New York, mereka akan menuju Nova Scotia, Kanada, sebelum menyeberangi Samudera Atlantik kembali ke daratan Eropa, sebelum finish di Inggris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com