Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Sate Jadi Ruang Pamer Seniman

Kompas.com - 30/03/2012, 15:34 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Konsentrasi wartawan ke Gedung Sate selama berlangsungnya rangkaian protes penolakan kenaikan BBM bersubsidi membuat tempat itu bak panggung. Siapa pun yang datang bakal mendapat sorotan media massa.

Itulah sebabnya, beraneka rupa aksi digelar dan dibuat semenarik mungkin agar diliput wartawan maupun dibidik kamera fotografer maupun kru televisi. Salah satunya dimanfaatkan Asep Berlian, seniman.

Di tengah kerumunan pengunjuk rasa di muka gerbang Gedung Sate, Asep datang dengan dandanan unik yakni berpakaian serba hitam lengkap jubah dari kain hitam. Tidak ketinggalan mukanya juga dicat warna hitam.

"Ini warna duka," ujarnya singkat, Jumat (30/3/2012).

Asep membawa tiga buah kanvas berisi lukisan abstrak. Di atas lukisan tersebut, dia menggoreskan kuasnya membentuk orang-orang yang mengangkat tangannya. Di tengah kanvas, dia menulis "Tolak Kenaikan BBM."

Tak ayal, aksinya mengundang belasan orang untuk mengabadikan dengan kamera SLR, maupun kamera ponsel. Dia kemudian mengacungkan obor berbahan bambu yang dipersiapkannya sembari berteriak "Tolak BBM!"

Asep menuturkan, dia belum tahu lukisan tersebut nantinya dikemanakan. "Kalau ada yang beli, silahkan saja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com