Mahasiswa Tutup Landas Pacu Bandara Babullah - Kompas.com

Mahasiswa Tutup Landas Pacu Bandara Babullah

Anton Abdul Karim
Kompas.com - 28/03/2012, 12:49 WIB

TERNATE, KOMPAS.com — Aksi mahasiswa di Ternate berakibat fatal. Bandara Babullah tak bisa digunakan baik untuk pendaratan maupun lepas landas pesawat karena mahasiswa menerobos masuk ke areal landasan pacu, Rabu (28/3/2012).

Aksi menerobos masuk ke areal landasan pacu dipicu adanya gelombang massa dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ternate yang bergabung dengan kelompok mahasiswa di kawasan Bandara Babullah. Mahasiswa yang sejak pagi berorasi di depan kampus Unkhair Fakultas Keguruan di dekat bandara akhirnya bertindak anarkistis.

Gabungan mahasiswa ini merusak fasilitas umum seperti pot bunga di jalan raya. Ada pula yang merusak pagar bandara. Seketika, tanpa dikomandoi, ratusan mahasiswa justru melompati pagar bandara dan berhasil masuk ke areal landas pacu. Bahkan, ada aksi pembakaran di landasan pacu.

Aksi ini membuat sebuah pesawat yang hendak mendarat dibatalkan. Pesawat Boeing itu sempat terlihat hanya berputar di udara. Sementara di landasan, ratusan mahasiswa malah berlari-lari sambil meneriakkan yel-yel pemboikotan bandara. Pesawat pun akhirnya berbalik haluan.

Petugas kepolisian sempat kalang kabut dan terpaksa membubarkan paksa aksi massa dengan menembak gas air mata.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisAnton Abdul Karim
    EditorGlori K. Wadrianto