Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Wali Kota Surabaya Akan Pimpin Demo BBM

Kompas.com - 26/03/2012, 21:58 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono dipastikan akan turun ke jalan, Selasa (27/3/2012) besok untuk memimpin massa PDI-P se-Jawa Timur berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di Surabaya.

"Laporan terakhir sekitar lebih dari 72.000 kader PDI-P. Jumlah itu bisa terus bertambah dari kalangan simpatisan PDI-P," kata wakil Ketua DPD PDI-P Jawa Timur ini, Senin (26/3/2012).

Aksi di Surabaya akan difokuskan di depan Kantor DPRD Surabaya di Jalan Yos Sudarso, yang kebetulan pada Selasa (27/3/2012) besok akan menggelar sidang paripurna.

Selain di Surabaya, secara serentak aksi juga dilakukan di semua kabupaten/kota se-Jawa Timur. Tidak hanya mengerahkan massa, kata Bambang, DPD PDI-P Jawa Timur juga mewajibkan kepada 18 kepala daerah di Jawa Timur yang diusung PDI-P untuk mengeluarkan surat pernyataan terbuka menolak kenaikan BBM.

"Surat terbuka penolakan kenaikan BBM juga wajib bagi semua fraksi di DPRD kabupaten/kota dan DPRD Provinsi Jawa Timur," ungkapnya.

Bambang tetap akan turun meskipun Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengimbau kepala dan wakil kepala daerah tidak ikut berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Menurut Mendagri, kepala daerah dari partai manapun berasal merupakan bagian dari sistem pemerintah pusat, sehingga harus taat peraturan perundang- undangan.

Mendagri berpendapat, kepala daerah yang menolak kebijakan kenaikan harga BBM dan ikut berunjuk rasa, adalah melanggar Undang-Undang APBN. Hal itu juga berarti pelanggaran atas sumpah jabatan sebagai kepala daerah. Karena itu, bisa saja kepala daerah yang bersangkutan diberhentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com