Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Puskesmas Obati 155 Korban Tomcat

Kompas.com - 21/03/2012, 15:38 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Jumlah korban serangan serangga tomcat di Surabaya hingga Rabu (21/3/2012) tercatat sebanyak 155 orang. Puskesmas tempat para korban berobat telah memberikan obat anti radang dan alergi secara gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Esty Mariana, Rabu (21/3/2012) mengatakan, data korban tersebut didapat dari laporan 17 puskesmas dari total 62 puskesmas yang ada di setiap kecamatan Kota Surabaya. ''Asal identitasnya lengkap dan jelas, korban serangan tomcat dapat obat gratis,'' katanya.

Lebih lanjut Esty mengimbau masyarakat Surabaya tidak terlalu panik menangkap isu menyebarnya serangga tomcat, karena bukanlah termasuk virus berbahaya atau penyakit menular. ''Warga hanya perlu memperhatikan imbauan dan arahan petugas,'' katanya.

Pemkot Surabaya, kata Esty, juga belum akan menentukan status Kejadian Luar Biasa (KLB) pada serangan tomcat kali ini karena masih kategori ringan dan dia yakin pasti dapat atasi. ''Banyak kategori yang harus tampak pada status KLB, termasuk jumlah korban jiwa,'' tambahnya.

Sebelumnya, hingga hari ini juga, satgas pembasmi tomcat Kota Surabaya telah menerima 130 laporan warga yang mengaku dicemaskan oleh serangan serangga yang mengeluarkan cairan beracun itu. Tiga tim telah diturunkan siang dan malam untuk melakukan penyemprotan tomcat yang sudah menyebar ke 14 kecamatan itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com