Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Truk Tangki Pertamina Terguling

Kompas.com - 18/03/2012, 08:19 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Truk tangki bermuatan premium 8.000 liter milik Pertamina Depo Camplong, Sampang, Jawa Timur, Minggu (18/3/2012) terguling di Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Jawa Timur. Diduga, rem truk tangki tersebut blong, sehingga supir, Feri asal Desa Tlanakan, Pamekasan, tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Truk tangki dengan nomor polisi M 8954 UG hendak mengirim premium ke salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Desa Sotabar Kecamatan Pasean, Pamekasan. Kondisi jalan yang sempit, menyulitkan petugas dari Pertamina untuk melakukan pemindahan badan mobil yang posisinya melintang di tengah jalan. Beruntung bensin dalam tangki tidak tumpah dan hanya mengalami kebocoran. Petugas Pertamina lantas menguras isi bensin dengan selang, karena mesin pompa penyedot rusak.

Kepala Polsek Kadur, AKP Syakrani menuturkan, kemungkinan rem mobil tangki tersebut blong. Beruntung sopir bisa membanting setir ke arah kiri dan mrnghantam tebing. "Sopir masih bisa mengendalikan mobilnya sehingga tidak sampai jatuh ke jurang di sebelah kanan jalan," kata Syakrani.

Hingga pukul 3.00 WIB, mobil masih belum bisa dipindahkan. Jalur kendaraan menuju empat kecamatan daerah utara, yakni Kecamatan Pasean, Kecamatan Pakong, Kecamatan Waru dan Kecamatan Batumarmar ditutup sementara. Premium dan oli yang bocor dari mobil tangki tersebut berceceran di badan jalan.

Petugas dari Bina Marga Pamekasan, langsung menutup ceceran bensin dan oli tersebut dengan pasir agar tidak membahayakan bagi pengendara. Setiap kendaraan yang hendak melintas dari dua arah, dari jarak 500 meter sudah distop dan diminta untuk mematikan mesin kendaraan. Sebab hal itu untuk menghindari adanya percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com