Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Harga Gula Pasir dan Gula Merah Masih Normal

Sabtu, 17 Maret 2012 | 06:02 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Harga penjualan gula pasir dan gula merah di Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga Sabtu pekan ini masih bertahan normal sama seperti minggu lalu.

Pantauan ANTARA di Biak, Sabtu, harga gula pasir di pasar Biak untuk kemasan impor dijual sebesar Rp 13.000-Rp 13.500/kg sedangkan jenis bermerek gulaku dijual Rp 15 ribu/kg serta gula merah Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu/kg.

Menurut pedagang, kondisi bertahan normal harga penjualan gula pasir di pasaran itu karena melimpahnya persediaan di pengecer dan pemasok.

"Harga penjualan gula pasir di pasar Biak masih normal, ya jika pemerintah telah menaikan harga BBM biasanya diikuti dengan peningkatan harga kebutuhan pokok," kata Meime, salah seorang pedagang di Biak, Sabtu (17/3/2012).

Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan memperediksi harga bahan pokok akan bergerak naik secara merata jika pemerintah menaikan harga BBM per 1 April.

"Pengalaman setiap BBM naik akan mempengaruhi juga peningkatan harga beragam jenis bahan pokok terutama kebutuhan yang dipasok dari luar Papua menggunakan kapal laut," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mulyono Pasande.

Hingga Sabtu pagi aktivitas penjualan berbagai bahan pokok di pasar induk 0darfuar dan pasar swalayan di Biak tetap berjalan lancar serta belum memperlihatkan peningkatan.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: