Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Juga Wajib Taat Pajak

Kompas.com - 15/03/2012, 12:38 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com- Sebagai salah satu instrumen keamanan negara, setiap prajurit TNI juga wajib menjadi teladan bagi masyarakat, termasuk dalam urusan membayar pajak. Selain mendukung program pembangunan, taat membayar pajak merupakan wujud nasionalisme dan patriotisme nyata.

Komandan Kodim 0707 Wonosobo, Letkol (Arm) Indro Repati, Kamis (15/3/2012), menegaskan, pihaknya bersama seluruh jajaran TNI di lungkungan Kodim 0707 Wonosobo bersama-sama telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pada Rabu kemarin.

"Kami menyerahkan 270 SPT 2011 dari para anggota Kodim kepada Petugas Kantor Pajak Wonosobo," jelasnya.

Menurut Indro, kewajiban menyerahkan SPT Tahunan tersebut sudah biasa dilakukan dalam setiap tahunnya, sebelum batas akhir penyerahan SPT PPh Orang Pribadi, tanggal 31 Maret. Dengan diserahkannya SPT tersebut, selain menunaikan kewajiban anggota Kodim, juga diharapkan mampu menjadi teladan bagi setiap keluarga di lingkungan Kodim yang memiliki kewajiban serupa, serta masyarakat Wonosobo secara umum.

"Sesuai prosedur yang ditetapkan, setiap prajurit sudah rutin membayar pajak di setiap bulannya, karena pendapatan gaji mereka secara otomatis dipotong untuk pajak oleh juru bayar Kodim," ungkapnya.

Kepala Seksi Pemeriksaan KPP Wonosobo, Dony Himawan, mengaku sangat mengapresiasi inisiatif Kodim 0707 Wonosobo menyerahkan SPT sebelum tenggat waktu 31 Maret. Hal itu merupakan wujud keteladanan seorang pemimpin.

"Apalagi untuk lingkup Kabupaten Wonosobo, hal itu adalah yang pertama kali. Penyerahan SPT tahunan tersebut sekaligus akan menjadi awal yang baik bagi program KPP Wonosobo yang akan mengadakan Kegiatan Pekan Panutan beberapa hari mendatang," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com