Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Perbatasan Minum Air Kubangan

Kompas.com - 12/03/2012, 09:36 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Warga di belasan desa di perbatasan wilayah Republik Indonesia- Timor Leste terpaksa harus mengonsumsi air kotor dalam kubangan, karena krisis air bersih yang melanda, meski pada musim hujan sekalipun.

Kondisi tersebut sudah menjadi keseharian warga, tanpa pernah ada perhatian Pemerintah Daerah. Desa-desa tersebut adalah Desa Sungkaen, Nainaban, Inbate, Buk, Haumeni, Napan, Tes, Olebonak, Baas, Sainoni, Faennake, Banain A, Banain B, Banain C, Sunsea, dan Bakitolas. Desa-desa tersebut tersebar di empat kecamatan yakni Kecamatan Bikomi Nilulat, Kecamatan Bikomi Tengah, Kecamatan Bikomi Utara dan Kecamatan Naibenu.

Menurut Maria Suni, warga Desa Haumeni, saat ditemui, Minggu (11/3/2012), masyarakat di desanya sudah terbiasa mengonsumsi air kotor. Pasalnya, untuk mendapatkan air bersih mereka harus berjalan kaki sejauh puluhan kilometer.

"Air yang kami ambil dari kubangan tersebut kami pakai untuk mandi, cuci, minum dan masak. Meskipun terkadang anak-anak kami sering alami diare, tapi kami harus bagaimana lagi karena kubangan ini menjadi satu-satunya sumber air di kampung kami," kata Suni.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Desa Haumeni Fredi Lake mengatakan, pihak desa dua tahun silam pernah melakukan kerjasama dengan kelompok LSM dari Belanda khusus untuk membuat sumur bor, namun sayang debit airnya tetap terbatas. "Karena pemakaian yang rutin oleh semua warga desa, sehingga akhirnya sumur itu pun kering," kata Lake.

Lake juga mengaku telah mengusulkan anggaran khusus untuk menyelesaikan masalah ini kepada Pemerintah Kabupaten, namun usulan tersebut ditolak dengan alasan ketiadaan dana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com