Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Lokasi Wisata Bantimurung Berpotensi Banjir

Kompas.com - 12/03/2012, 07:05 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lokasi taman wisata alam Bantimurung, Kabupaten Maros, berpotensi banjir pada Maret 2012.

"Bantimurung salah satu dari empat lokasi di Sulsel yang berpotensi banjir," kata Kepala Bidang Jasa dan Pelayanan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar Sujarwo di Makassar, Senin (12/3/2012).

Berdasarkan data BMKG Wilayah IV Makassar, daerah lainnya yang masuk kategori berpotensi banjir tinggi adalah Parangloe, Wotu, dan Maros Baru.

Sementara itu, curah hujan di Makassar dan daerah lainnya di Sulsel umumnya masuk kategori hujan ringan dengan suhu udara antara 23-32 derajat Celcius dan kelembaban udara 63-97 persen. Kondisi serupa juga diperkirakan terjadi pada hari Selasa (13/3/2012).

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, hanya Kabupaten Sinjai yang masuk kategori hujan sedang dengan suhu udara berkisar 24-29 derajat Celcius dan kelembaban udara 67-97 persen.

Adapun arah angin di wilayah Sulsel dari barat daya dengan kecapatan angin 25 kilometer per jam. Menanggapi potensi banjir di TWA Bantimurung, Anwar selaku pengelola objek wisata tersebut mengatakan bahwa pada musim hujan jumlah pengunjung berkurang.

"Apalagi air Sungai Bantimurung yang memiliki air terjun itu, air nyaris meluap dan cenderung keruh sehingga cukup berbahaya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com