Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Perempuan Bangga Kirim Produk Indonesia

Kompas.com - 09/03/2012, 12:17 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kopilot Captain Ester Gayatri Saleh mengaku bangga diberi kesempatan untuk mengirim pesawat CN-235 produksi PT Dirgantara Indonesia ke Korea Selatan.

"Saya bangga karena pesawat ini buatan putra-putri Indonesia yang akan digunakan oleh Korea Coast Guard untuk patroli maritim. Karenanya ini suatu kehormatan," kata Ester sesaat menjelang keberangkatan ke Korea Selatan di hanggar PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/3/2012).

Ini merupakan kesempatan kesekian bagi satu-satunya pilot perempuan PT DI itu mengantar pesawat ke luar negeri. Sebelumnya, bersama tim dari PT DI, Ester juga menerbangkan pesawat serupa pesanan Pakistan, Uni Emirat Arab, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

"Sudah banyak pesawat buatan Indonesia yang digunakan di luar negeri. Bahkan, beberapa pesawat CN 235 yang didesain VVIP digunakan oleh pejabat tinggi dan kepresidenan di Korea Selatan," tambah Ester.

Bersama Pilot Captain Adi Budi Atmoko, kali ini Ester mengantar pesawat keempat pesanan KCG Korea Selatan. Perjalanan dari Bandung menuju Gimpo, Korea Selatan, diperkirakan memakan waktu 3 hari 2 malam dengan rute perjalanan Bandung-Tarakan-Clark (Filipina)-Taipei (Taiwan)-Gimpo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com