Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru-guru Ini Terpaksa Pindah ke "Gudang"

Kompas.com - 07/03/2012, 19:16 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

PRINGSEWU, KOMPAS.com - Menyusul ambruknya bangunan SDN 1 Tulung Agung, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, guru-guru di sekolah itu terpaksa pindah ruangan ke sebuah "gudang".

Gudang dimaksud adalah sebuah rumah tua yang tidak terawat yang terletak di samping sekolah di dekat pusat kota Pringsewu ini. Rumah berukuran tipe 27 ini dipergunakan sekaligus sebagai gudang, ruang guru, ruang UKS (unit kesehatan) dan perpustakaan.

Ruangan mereka yang semula difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar pasca-ambruknya satu lokal bangunan SDN ini. "Ya mau bagaimana lagi? Yang terpenting sih, anak-anak bisa belajar di dalam. Daripada harus di tenda, kasihan," ujar Sumani (45), salah seorang guru setempat, Rabu (7/3/2012).

Sebanyak delapan guru di sekolah ini harus berbagi ruang di rumah yang sempit itu. Bahkan, untuk melintasi sudut-sudut ruangan itu juga sulit karena dipenuhi kursi, buku-buku dan barang-barang tidak terpakai.

Kondisi bangunan untuk ruang guru ini sangat memprihatinkan. Atap bocor, plafon-plafon jebol, dan kusen keropos dimakan rayap. Bahkan, pintu ruangan ini pun nyaris ikut jebol dan lapuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com