Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Burung di Hamparan Persawahan

Kompas.com - 04/03/2012, 20:47 WIB
Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Dunia anak anak memang dunia yang penuh keceriaan. Tak kenal waktu dan tempat, mereka selalu memanfaatkannya dengan bermain seperti yang dilakukan oleh belasan bocah di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Akhir pekan mereka manfaatkan dengan berburu burung sawah di tengah hamparan persawahan luas.

Panen padi telah usai, hal inilah yang dimanfaatkan oleh anak anak Dusun Waetuo Desa Panyula Kecamatan Taneteriattang Kabupaten Bone Sulawesi Selatan untuk berburu burung sawah yang memang banyak berkeliaran.

Dengan mengandalkan kekuatan berlari, Minggu, (4/3/2012), Ari dan teman temannya beradu cepat dengan burung sawah. Burung sawah ini memang dikenal sebagai burung yang tidak bisa terbang tinggi, umumnya burung seperti ini hanya mengandal rimbunan jerami dan rumput sebagai tempat perlindungan. 

"Biasa memang kalau libur bengini kita buru lampori (burung sawah)," ujar Ari sambil memegang hasil buruannya.

Tak peduli dengan tumpukan jerami, mereka berjibaku dengan penuh sorakan kegembiraan, usai melakukan perburuan, burung sawah ini langsung mereka panggang di atas bara jerami, "Enak sekali rasanya, lebih enak dari ayam," ujar Fandi sambil melahap hasil tangkapannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com