Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Perawatan Lokomotif di Yogyakarta

Kompas.com - 03/03/2012, 04:09 WIB

Jakarta, Kompas - Perusahaan dunia General Electric Transportation bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia membentuk pusat perawatan lokomotif untuk kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya, General Electric akan membantu penyempurnaan sistem perawatan serta melatih pekerja PT Kereta Api Indonesia di Amerika.

Lokomotif General Electric (GE) di kawasan Asia Tenggara nantinya akan dirawat di Balai Yasa Pengok di Yogyakarta. Didirikan oleh Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) tahun 1914, hingga kini Balai Yasa Pengok masih merawat lebih dari 200 lokomotif milik PT KAI.

”GE Transportation telah menjalin kemitraan dengan Indonesia sejak lama dan nota kesepahaman dengan PT KAI akan memberikan jasa perawatan yang dapat diandalkan hingga puluhan tahun lagi,” kata Lorenzo Simonelli, President and Chief Executive Officer GE Transportation, Jumat (2/3), dalam surat elektroniknya.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani antara Lorenzo Simonelli dan Presiden Direktur PT KAI Ignasius Jonan, di kantor pusat GE Transportation di Erie, Pennsylvania, Amerika Serikat.

”Nantinya, PT KAI akan melayani order perawatan lokomotif dari Asia Tenggara,” ujar Jonan, mengacu kepada peran Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia yang saat ini merawat pesawat dari sejumlah negara.

Kini, ada sekitar 250 lokomotif GE yang beroperasi di Pulau Jawa dan Sumatera, beberapa di antaranya telah berusia 34 tahun. Januari 2011, PT KAI telah mengumumkan rencana pembelian 144 lokomotif baru.

Peneliti perkeretaapian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Taufik Hidayat, mengatakan, Balai Yasa Pengok akan mampu mengemban fungsi perawatan itu. ”Sejak November 2010, Balai Yasa Yogyakarta telah memenuhi International Standard Organization (ISO),” ujar dia.

ISO 9001:2008 tentang manajemen mutu, kata Taufik, diberikan oleh TUV Nord, lembaga sertifikasi Jerman yang berpengalaman menangani keselamatan, manajemen sistem dan produksi, serta pengamanan lingkungan. Sertifikasi TUV Nord diakui dan diadopsi 70 negara di Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika.

GE juga akan membentuk pusat remanufaktur motor traksi untuk melayani wilayah ASEAN di Balai Yasa Yogyakarta. Investasi permesinan dan peralatan untuk remanufaktur motor traksi segera dikerjakan agar memenuhi standar tertinggi industri.

Taufik menambahkan, ”Dulu, motor traksi biasanya dikerjakan Pindad. Tetapi Balai Yasa Yogyakarta telah mengambil alih sendiri sejak tujuh tahun silam. Bahkan, tenaga ahli dari Balai Yasa Yogya sudah disebar ke Balai Yasa Lahat untuk memperbaiki loko motif batubara.” (RYO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com