Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukiyat: Jangan Persulit Esemka

Kompas.com - 02/03/2012, 05:34 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Penggagas mobil Esemka, Sukiyat, bertekad untuk terus memperbaiki mobil karya siswa sekolah menengah kejuruan yang diasuhnya agar bisa lolos uji emisi.

Menurut Sukiyat, kekurangan mobil Esemka, yang baru dinyatakan tidak lulus uji emisi, akan segera dibenahi. Upaya tersebut demi mewujudkan cita-cita menghasilkan produk mobil buatan anak negeri.

"Kalau masalah mobil ini belum diizinkan dan kalau ada yang kurang, maka kita akan benahi. Kita juga tidak akan capek dan bosan untuk bekerja terus mewujudkannya," kata Sukiyat, yang juga menjadi anggota Komite SMK Negeri 1 Trucuk, Klaten.

Sukiyat juga memohon kepada Kementerian Lingkungan Hidup supaya membantu dalam perizinan agar mobil Esemka dapat diproduksi massal. "Mohon dibantulah. Jangan dipersulit. Kalau bisa dipermudah, jangan dipersulit. Kita tidak meminta-minta karena ini hasil karya sendiri," ujarnya, Kamis (1/3/2012).

Terkait dengan namanya yang dicopot dari nama mobil Esmeka (sebelumnya Kiat Esemka), ia menjelaskan, pencopotan namanya bertujuan untuk mempermudah dalam proses perizinan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wakil Wali Kota FX Hadi Rudiatmo yang telah memberikan perhatian kepada produk anak-anak SMK untuk terus berjalan dalam menghasilkan produk mobil anak negeri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com