Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan di Leuwidamar Ambles dan Longsor

Kompas.com - 01/03/2012, 04:56 WIB

Lebak, Kompas - Ruas jalan dari arah Rangkasbitung, ibu kota Lebak, Banten, menuju permukiman Baduy ambles dan longsor. Kendati kerusakan jalan sudah terjadi sebulan lebih dan sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan, hingga saat ini belum juga ada perbaikan.

Ruas jalan yang ambles tersebut berada di Kampung Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Leuwidamar, Lebak. Adapun ruas longsor berada di Kampung Cibengkung, Desa Bojongmenteng, Leuwidamar.

Berdasarkan pantauan, Rabu (29/2), bagian tengah ruas jalan di Kampung Janglapa ambles dengan kedalaman hampir 1 meter. Jalan tersebut mulai ambles sekitar sebulan lalu dan semakin lama semakin dalam.

Akibatnya, kendaraan dari arah Rangkasbitung ataupun Bojongmanik harus meniti bergantian di sisi jalan yang tanahnya padat.

Padahal, ruas jalan ambles itu merupakan penghubung antarkecamatan di Lebak. Pada siang hari, dalam satu menit, rata-rata ada satu mobil dan sepuluh sepeda motor yang melintas di ruas tersebut.

Bisa terjerumus ke jurang

Di sisi kiri-kanan ruas jalan yang ambles itu juga terdapat tebing dan jurang sehingga sangat membahayakan. Di dasar ju- rang mengalir Sungai Cisimeut.

”Kadang ada warga yang berjaga di sekitar ruas ambles untuk memperingatkan pengendara agar hati-hati,” kata Reza, warga Kampung Janglapa.

Peringatan ini diperlukan karena jalan ambles sepanjang sekitar 5 meter tersebut berada di ruas beraspal halus sehingga pengendara yang terlena bisa terjerumus ketika tidak menyadari adanya bahaya di depan.

Keterangan koordinator pemeliharaan rutin ruas jalan Leuwidamar Dinas Bina Marga Lebak, Paul, mengatakan, amblesnya jalan di Janglapa itu sudah terjadi selama tiga tahun terakhir dan selalu terjadi pada musim hujan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com