Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Cerah, Kapal Roro Bisa 8 Trip

Kompas.com - 25/02/2012, 14:23 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIANDA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca yang cerah saat ini, membuat setiap kapal roro yang melayani penyeberangan Bakauheni - Merak bisa maksimal mencapai empat trip dalam sehari.

Menurut Supri, karyawan KM Baruna I, Sabtu (25/2/2012), kondisi ini berbeda apabila cuaca tengah buruk yang ditandai gelombang tinggi. Ketika cuaca buruk, setiap kapal rata-rata hanya mampu melayani 2-3 trip sehari.

Ia mengatakan, kapal yang bobotnya lebih kecil seperti KM Baruna I bahkan bisa mencapai 6 trip dalam sehari. Rata-rata untuk menempuh perjalanan Bakauheni-Merak atau sebaliknya sejauh 28 kilometer dibutuhkan waktu rata-rata 3 jam.

"Untuk sandar sekarang diwajibkan paling lama satu jam. Lewat waktu itu bisa dapat denda dari ASDP. OLeh karena itu, penuh atau tidak (muatan), kapal harus berangkat sesuai waktu," tuturnya.

Namun dengan kondisi muatan atau penumpang sepi akhir pekan ini, sebagian kapal memilih tidak beroperasi atau lepas jangkar, sebagian lagi docking untuk melakukan perawatan kapal. Rata-rata kapal yang beroperasi di saat sepi arus penyeberangan adalah 19 - 21 kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com