Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanjungpinang Akan Gelar Seminar Internasional Tradisi Lisan

Kompas.com - 25/02/2012, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Wali Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Suryatati A Manan mengumumkan bahwa Seminar Internasional VIII dan Festival Tradisi Lisan akan digelar di Tanjungpinang pada 24-26 Mei.

"Seminar Internasional akan diadakan dalam rangkaian program Revitalisasi Budaya Melayu (RMB) ke-3," kata Suryatati dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Program RMB ke-3, menurut Suryatati sejalan dengan visi dan misi kota Tanjungpinang. "Ada dua alasan megapa saya menyetujui RMB ke-3 ini, secara formal, RMB sesuai dengan visi dan misi kota Tanjungpinang yang ingin menjadi kota wisata dan budaya serta menjadi pusat budaya kebudayaan melayu," kata Suryatati.

Sementara itu, secara informal, Suryatati mengaku dia sangat mencintai kebudayaan melayu yang telah mengakar kuat dalam dirinya sejak kecil.

Lebih lanjut, Suryatati mengatakan akan ada empat kegiatan dalam rangkaian RMB ke-3, yaitu seminar internasional, pentas seni kebudayaan melayu, pameran galeri dan museum nasional, serta adanya permainan kebudayaan rakyat.

Sementara itu, budayawan asal Riau, Al Azhar, mengatakan bahwa kebudayaan melayu di kepulauan Riau terancam punah karena terpaan arus budaya global.

"Menurut letak geografisnya, kepulauan Riau terletak berdekatan dengan negara kota kosmopolitan seperti Singapura, jika tidak direvitalisasi secara terus-menerus, maka tradisi melayu di kepulauan Riau terancam punah karena gelombang budaya global yang kuat," kata dia.

Perubahan sosio-kultural, ekonomi, industrialisasi, dan kecanggihan teknologi adalah beberapa hal yang menurut Al Azhar dapat mengikis kebudayaan Melayu.

"Tradisi lisan suatu saat bisa punah, maka penting untuk segera membangun kesadaran bersama antara masyarakat umum, para ilmuwan, budayawan, dan juga pemerintah," kata dia.

Revitalisasi Budaya Melayu merupakan program tetap Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Asosiasi TRadisi Lisan (ATL).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari 24-26 Mei dengan melibatkan peserta aktif dari seluruh Indonesia dan berbagai penjuru dunia antara lain negara-negara di Nusantara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com