Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suparwono, Si Tinggi yang Kontroversial

Kompas.com - 23/02/2012, 08:33 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MENGGALA, KOMPAS.com- Garis hidup almarhum Suparwono (27), manusia tertinggi di Indonesia asal Lampung, penuh dengan hal mencengangkan dan kontroversi. Salah satu kontroversi itu adalah soal tinggi badannya.

Sebelumnya, disebut-sebut bahwa Suparwono memiliki tinggi 2,71 meter. Angka ini banyak diyakini sebelum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melakukan pengukuran tinggi badannya, salah satunya hasil pengukuran rumah sakit. Namun, dalam pengukuran yang dilakukan MURI pada Desember 2009, tinggi badan pria asal Tulang Bawang Barat, Lampung, itu adalah 2,42 meter.

Hal ini mencenangkan karena selisih tingginya dari perkiraan awal sangatlah jauh, yaitu 30 sentimeter lebih.

Hal mengejutkan lainnya, dari informasi yang beredar luas, disebut-sebut Suparwono biasa mengonsumsi 3 kg nasi dan tujuh butir telur sehari. Ukuran sepatunya pun ekstra jumbo, yaitu 64!

Untuk itu, tidak jarang ia terpaksa bertelanjang kaki karena tidak ada sepatu ataupun sandal yang ukurannya pas dengannya. Karena keunikannya, oleh Gubernur Lampung Sjahchroedin ZP, Suparwono ditunjuk sebagai duta wisata Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com