Sabtu, 20 Desember 2014

News / Regional

Ormas

Kaltim Juga Tolak FPI

Senin, 20 Februari 2012 | 14:08 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com Aksi penolakan terhadap Front Pembela Islam (FPI) di Kalimantan terus meluas. Beberapa ormas yang tergabung dalam Forum Masyarakat Kalimantan Bersatu menggelar aksi menolak FPI di halaman Balaikota Balikpapan, Senin (20/2/2012) siang.

Menurut forum tersebut, dalam pernyataan sikap yang khusus ditujukan untuk Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanudin Solong, Indonesia terdiri dari banyak suku, bahasa, ras, dan agama. Mereka mengatakan, masyarakat di Kalimantan cinta damai, cinta persatuan dan kesatuan, dan FPI akan dapat merusak kebersamaan tersebut.

Apabila FPI tidak membubarkan diri dari Kalimantan secara sukarela, maka segenap elemen di Kalimantan akan mengambil sikap dan tindakan yang tegas demi terciptanya kerukunan umat beragama di Kalimantan dan NKRI. "Polisi jangan takut menindak kelompok yang anarki," kata Bayer Gabriel, koordinator aksi.

Syaiful Bachri, Kepala Kesatuan Bangsa Polisi Pamong Praja (Kesbangpol) Balikpapan, mengatakan, keinginan forum tentu dipertimbangkan. Ia menegaskan, saat ini FPI belum terdaftar di Kesbangpol Balikpapan.

Selama aksi berlangsung, puluhan polisi berjaga.

 


Penulis: Lukas Adi Prasetya
Editor : Marcus Suprihadi