Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleman Targetkan 20 Kelompok Pengelola Sampah

Kompas.com - 13/02/2012, 21:56 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2014 mendatang, Pemerintah Kabupaten Sleman menargetkan penambahan 20 kelompok Pengelola Sampah. Langkah ini dilakukan karena volume penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Terpadu di Piyungan, Bantul terus bertambah.

Kepala Seksi Persampahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sleman, Bambang Widiyoko mengatakan, tahun 2010 lalu volume sampah Kabupaten Sleman yang dibuang ke TPA terpadu Piyungan mencapai 38.672,4 ton atau sekitar 413 meter kubik per hari.

Tahun 2011, penumpukan sampah meningkat menjadi 40.068,8 ton atau sekitar 428 meter kubik per hari.

"Dengan peningkatan volume sampah ini, maka hingga tahun 2014 mendatang kami mentargetkan adanya penambahan 20 kelompok pengelola sampah mandiri di Sleman. Saat ini, di Sleman sudah ada sekitar 80 kelompok pengelola sampah mandiri," kata Bambang, Senin (13/2) di Sleman.

Dengan pengelolaan sampah mandiri, sampai dengan tahun 2014 mendatang, volume sampah di Sleman akan berkurang hingga 20 persen.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com