Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambil Pelesir Sekaligus Belajar Membatik

Kompas.com - 13/02/2012, 11:08 WIB
Endang

Penulis

KOMPAS.com – Wisata ke pantai atau mal sudah biasa kita lakukan. Nah, cobalah mencari alternatif wisata lain agar liburan pun tak terasa monoton. Konsep edukasi pada saat liburan dapat membuat wisata lebih bermanfaat. Salah satu kegiatan wisata yang bisa Anda coba adalah belajar membatik. Selain dapat membuat kita cinta akan budaya batik Indonesia kita juga dapat ilmu bagaimana cara membuat batik.

Indonesia yang mempunyai beragam batik, selalu menyediakan tempat-tempat untuk kursus batik bagi pemula maupun profesional. Anda bisa juga mencoba kursus kilat untuk sekadar berkenalan dengan batik. Berikut tempat-tempat belajar batik.

Museum Tekstil Jakarta. Di Museum Tekstil Jakarta, pengunjung bisa melihat keindahan corak batik dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membatik. Museum ini berlokasi di Jl KS Tubun No 4, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Di sini tersedia workshop membatik. Mulai dari proses menggambar batik, mencanting, hingga proses mewarnai kain batik. Biaya untuk kursus kilat dan kursus lanjuta berbeda. Anda bisa memulai dengan membuat batik di sapu tangan.

Sanggar Jawa Jawi Java, Jakarta. Sanggar Jawa Jawi merupakan sanggar budaya yang juga menyediakan program belajar membatik. Di sini tersedia beragam kelas batik seperti mulai dari dasar hingga profesional.

Ada beberapa kelas seperti Kelas Batik, Kelas Intermediate, Kelas Advance, dan One Day Course. Untuk sekadar berkenalan dengan teknik membatik, Anda bisa memulainya dengan mengambil kelas One Day Course.

Museum Layang-layang, Jakarta. Walau museum tersebut memamerkan aneka koleksi layang-layang, museum ini juga memberikan program belajar membatik. Museum terletak di Jl H Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Hanya saja, sebaiknya Anda datang dalam berkelompok. Karena workshop membatik diberikan untuk minimal 10 orang. Biaya kursus kilat membatik tersebut dikenakan harga mulai dari Rp 35.000.

Museum Batik Yogyakarta. Yogyakarta memang salah satu daerah di Jawa yang identik dengan batik. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar batik di Yogyakarta. Salah satu tempat yang bisa Anda datangi adalah Museum Batik Yogyakarta.

Museum yang terletak di  Jl Dr Soetomo 13-A, Yogyakarta, menawarkan paket belajar membatik secara kilat ataupun yang disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya per jam atau per paket untuk lima pertemuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com