Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

81 Napi Dikembalikan ke Lapas Kotabumi

Kompas.com - 08/02/2012, 19:34 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Setelah sempat diungsikan dua malam, 81 napi dibawa kembali ke Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kotabumi, Lampung Utara.

Kepala Lapas Anak Kelas IIA Kotabumi, Suprapto, Rabu (8/2/2012) mengungkapkan, sebanyak 81 napi yang sebelumnya dievakuasi ke Rutan Kotabumi kini telah dikembalikan ke lapas pada Selasa (7/2) dan bergabung dengan 28 napi lainnya yang masih bertahan. Ini menyusul pulihnya kembali aliran listrik di lapas.

"Aliran listrik di blok-blok sel sudah menyala kembali. Pengamanan dapat kembali optimal. Namun, kami belum berani menyalakan kembali listrik di gedung kantor yang terbakar. Sebab, khawatir masih korsleting pascakebakaran," ujarnya.

Kebakaran Minggu (5/2/2012) malam menghanguskan bangunan di lantai dua gedung perkantoran lapas ini. Tujuh ruangan dan isinya ludes terbakar. Bangunan yang terbakar diperuntukkan ruangan kepala lapas, ruang administrasi dan kepegawaian, lalu ruangan arsip, aula, dan ruang belajar (kejar paket).

Namun, blok-blok yang dihuni napi tidak ikut terbakar. Namun, pascakebakaran ini, diakuinya, aktivitas pembinaan napi yang mayoritas adalah anak-anak, belumlah efektif dilakukan.

"Sementara ini, kami masih terus berbenah, membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Kami juga telah meminta warga (napi) untuk ikut membantu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com