Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Lapas Anak Pun Ikut "Bebersih"

Kompas.com - 06/02/2012, 15:16 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KOTABUMI, KOMPAS.com - Menyusul kebakaran di Lapas Anak Kelas IIA Kotabumi, Lampung Utara, para penghuninya (napi) di dalam dievakuasi. Namun, tidak semuanya.

Sebagian napi bertahan untuk membantu "bersih-bersih". Ini terlihat dari pantauan Senin (6/2/2012).

Sejumlah pemuda yang merupakan napi di sini sibuk bergotong royong membersihkan puing-puing material yang terbakar di lapas ini. Ada yang menyapu, sebagian sibuk memindahkan puing-puing dan barang-barang.

Menurut Helmi, petugas Lapas Anak Kotabumi, ada 26 napi yang diminta untuk kegiatan "bersih-bersih" ini. Sisanya, 81 napi lainnya diungsikan ke Rutan Kotabumi.

Menurut dia, napi yang masih tinggal di lapas ini adalah napi "kepercayaan". "Mereka dipercaya untuk bantu-bantu. Mereka ini biasanya yang berkelakuan sangat baik dan tidak mungkin kabur," tuturnya.

Erwan, salah seorang napi, sukarela ikut bantu bersih-bersih akibat musibah itu. Napi terpidana 5 tahun kasus narkiba ini justru senang ikut kegiatan ini karena merasa dipercaya. "Suasana di sini sebetulnya sudah sangat kekeluargaan. Makanya, kami sukarela ikut bantu-bantu," tukas Erwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com