Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ijazah Kalapas Pun Ikut Terbakar

Kompas.com - 06/02/2012, 15:10 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KOTABUMI, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kotabumi, Lampung Utara, menghanguskan sejumlah ruangan, benda, dan arsip-arsip penting di dalamnya. Bahkan, ijazah milik Kepala Lapas Anak Kotabumi Suprapto juga ikut terbakar.

"Ijazah itu saya simpan di ruangan saya yang juga ikut terbakar. Tidak sempat saya selamatkan," ujar Suprapto, Senin (6/2/2012).

Ia bercerita, peristiwa kebakaran Minggu (5/2/2012) malam itu sangat cepat. Api berasal dari kamar mandi di ruang kejar paket di pojok gedung. Api lalu menyambar cepat ke ruangan lainnya di bagian atas gedung. Ia bercerita, sempat terjadi kepanikan dari para napi di lapas.

"Mereka berteriak-teriak minta dikeluarkan dari sel. Sempat panik melihat api yang besar. Kemudian, mereka kami pindahkan satu per satu. Saya sempat bilang ke mereka, tidak usah khawatir akan mati terbakar. Kalau sampai demikian, saya juga yang akan ikut terbakar," kenangnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Belasan sipir dan 109 napi di lapas ini selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com