Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Mansinam Dipadati Peziarah

Kompas.com - 05/02/2012, 10:09 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com — Pulau Mansinam dipadati warga dan peziarah pada perayaan Pekabaran Injil 157 Tahun, Minggu (5/2/2012). Perayaan ini bukan ritual keagamaan semata, melainkan juga momentum penyatuan masyarakat tanah Papua.

Sejak pagi, ratusan peziarah dan warga dari Manokwari dan sekitarnya datang ke Pulau Mansinam mengikuti doa bersama. Doa dimulai pukul 09.00 WIT, didahului dengan tarian adat menyambut tamu undangan.

Selain mengikuti doa, sebagian warga mengunjungi situs-situs tua di Pulau Mansinam yang menjadi pulau peradaban. Pulau ini adalah tempat dua misionaris, CW Ottow dan JG Geissler, yang membawa dan mengenalkan Injil kepada orang Papua pada 1855.

Salah satu situs adalah sumur tua yang dibangun oleh para misionaris. Sejumlah warga mengatakan, mereka datang untuk berlibur dan menikmati Pulau Mansinam. Banyak dari mereka yang datang bersama keluarga dan temen-temannya menumpang perahu atau disebut taksi laut dengan membayar Rp 5.000 per orang.

Menurut Ketua Jemaat Gereja Lahai-Roi (Mansinam) Pendeta HR Weeflaar, perayaan Pekabaran Injil harus dihayati sebagai anugerah bagi rakyat Papua karena telah terbukanya tabir gelap peradaban. Dalam konteks kekinian, perayaan ini dimaknai sebagai penyatuan perdamaian di tanah Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com