Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Lenteng Agung Diduga Akibat Arus Pendek

Kompas.com - 03/02/2012, 14:29 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah di hunian tertata di Jalan Joe RT 03 RW 06, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2012), diduga akibat hubungan arus pendek. Hal tersebut diungkapkan salah seorang keluarga korban yang datang saat api berkobar hebat.

"Tadi pagi itu sempet mati lampu karena korslet, mungkin gara-gara itu," ujar Barin (24), keponakan pemilik rumah kepada Kompas.com di lokasi kejadian.

Rumah tersebut milik seorang pengusaha batu alam di daerah Condet, Jakarta Timur bernama Bintas Hendrastya. Saat kebakaran berlangsung, Bintas beserta keempat anggota keluarganya tengah melakukan aktivitasnya sehari-hari di luar rumah.

"Orang-orang enggak ada di rumah, pada kerja semua, sama ada yang jemput anak sekolah," kata Barin.

Menurut Barin, rumah milik pamannya tersebut dijaga oleh seorang nenek. Sekitar pukul 11.00 WIB saat api mulai membesar, nenek tersebut lari meminta bantuan kepada Barin. "Saya baru mau ambil air wudhu, langsung saja saya ke sini," kata Barin sambil terengah-engah.

Api menghanguskan sebagian besar atap dan isi bangunan rumah, hanya menyisakan teras depan dan garasi samping. Pada saat kejadian, dua mobil dan satu motor milik pemilik rumah masih diparkir di dalam garasi. Beruntung warga segera bertindak cepat dengan memecahkan kaca mobil, sehingga mobil tersebut bisa diselamatkan. Letak mobil itu hanya berjarak sekitar satu meter dari kobaran api.

Hingga berita ini diturunkan, sebanyak enam mobil pemadam kebakaran berhasil menjinakkan kobaran api yang mengakibatkan gumpalan asap tebal tersebut. Sementara pemilik rumah juga belum datang ke lokasi. Juga belum ada satu pihak yang bersedia memperkirakan nilai kerugian akibat musibah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com