Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam di Kotawaringin Barat Positif Flu Burung

Kompas.com - 02/02/2012, 23:04 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com Hasil pemeriksaan terhadap ayam-ayam yang mati mendadak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menunjukkan hewan itu positif terkena flu burung. Sebagai langkah penanganan flu burung, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) telah mendistribusikan disinfektan.

Tute Lelo, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kalteng, di Palangkaraya, Kamis (2/2/2012), menjelaskan, jumlah ayam yang ditemukan mati mendadak di Kotawaringin Barat lebih kurang 500 ekor. Kematian ayam mulai muncul setidaknya sejak dua pekan lalu.

Kematian ditemukan di tiga kecamatan yang tersebar di delapan kelurahan/desa. Di Kecamatan Arut Selatan, kematian ayam terjadi di Kelurahan Madurejo dan Sidorejo. Kematian di Kecamatan Kumai ditemukan di Kelurahan Kumai Hulu, Kumai Hilir, dan Candi, serta Desa Sungai Tendang dan Sungai Kapitan.

Sementara itu, kematian di Kecamatan Pangkalan Banteng terjadi di Desa Margamulya. Hasil positif itu ditemukan setelah dilakukan uji cepat dan pemeriksaan yang dilakukan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah V Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Tute mengatakan, sebagai upaya mencegah berjangkitnya flu burung lebih jauh, pihaknya telah mendistribusikan disinfektan sebanyak 500 liter sejak sepekan lalu. Warga yang menemukan ayam mati mendadak diimbau segera melapor kepada dinas peternakan setempat agar langkah-langkah yang diperlukan bisa dilakukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com