Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Genangi Jalan Utama di Cirebon

Kompas.com - 02/02/2012, 19:31 WIB
Rini Kustiasih

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com -- Sejumlah jalur utama di Kota Cirebon, Jawa Barat, macet total karena air setinggi hampir 40 cm menggenangi jalan, Kamis (2/2/2012). Kemacetan panjang antara lain terjadi di Jalan HR Darsono, Jalan siliwangi, dan Jalan Pemuda, yang merupakan jalan protokol.

Banyak kendaraan bermotor, terutama mobil, yang terjebak banjir dan terpaksa berhenti di tepi jalan. Penyebab utama banjir di jalan-jalan utama ialah buruknya saluran air atau gorong-gorong.

Di Jalan Pemuda, misalnya, gorong-gorong sudah tertutupi jalan. Tali-tali air yang dibuat di sepanjang trotoar jalan pun tak mampu menampung hujan deras. Akibatnya, jalanan tergenang.

Menurut catatan Kompas, kondisi ini tak jauh berbeda dibandingkan tahun lalu. Praktis tidak ada perubahan berarti dari penanganan banjir di Cirebon.

"Tahun lalu, rumah saya di Jalan Kelud (Perumahan Nasional Cirebon) kebanjiran. Kalau hujannya seperti ini terus, tahun ini rumah saya bisa kebanjiran lagi," kata Sunaryo (60).

Ia berharap Pemerintah Kota Cirebon tanggap menghadapi banjir dan segera mengeruk saluran-saluran air yang tersumbat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com