Perawatan Cagar Budaya Butuh Partisipasi Masyarakat - Kompas.com

Perawatan Cagar Budaya Butuh Partisipasi Masyarakat

Irma Tambunan
Kompas.com - 01/02/2012, 20:56 WIB

JAMBI, KOMPAS.com -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong partisipasi masyarakat dalam melestarikan cagar budaya.

Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Untoro mengatakan, Undang-Undang (UU) Cagar Budaya yang baru ini menggantikan UU Nomor 5 Tahun 1992 tentang Cagar Budaya. Pihaknya menyebutkan, UU yang baru akan lebih mendorong munculnya partisipasi masyarakat dalam melestarikan cagar budaya.

"Pada UU yang lama, masyarakat terbebani oleh kewajiban-kewajiban untuk tidak merusak situs. Namun pada UU yang baru ini, masyarakat justru dilibatkan melestarikannya," ujar Hari, dalam sosialisasi UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaha, di Jambi, Rabu (1/2/2012).

Hari mengatakan, UU Nomor 11 Tahun 2010 juga telah melindungi keberadaan peninggalan sejarah bawah laut. UU ini sekaligus memperbaiki kekurangan dalam UU lama yang belum mengatur tentang benda kuno bawah air. Dalam waktu dekat pihaknya akan menentukan daftar temuan benda kuno peninggalan bawah laut sebagai benda dan kawasan sagar budaya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta masukan dari masyarakat Jambi untuk memperbaiki rancangan Peraturan Pemerintah tentang Registrasi Nasional dan PP Permuseuman. Selain itu, ada PP tentang Pelestarian yang akan dibuat pada tahun ini juga.

PenulisIrma Tambunan
EditorNasru Alam Aziz

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM