Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Esemka Harapkan Dukungan dari Jerman

Kompas.com - 29/01/2012, 13:54 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Joko Widodo mengungkapkan, mobil rakitan sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, Esemka, membutuhkan dukungan dari Jerman.

"Kita butuh dukungan sarana di perakitan dan finishing line. Mereka (Jerman) kan jagonya," ujar Jokowi, begitu kerap ia disebut, kepada Kompas.com, di sela-sela acara Pesta Wirausaha Tangan Di Atas 2012, Jakarta, Minggu (29/1/2012).

Dukungan lainnya adalah dalam aspek teknis supervisi untuk mesin dan perakitan. Kedua hal ini diminta Jokowi ketika bertemu dengan Duta Besar Jerman, Norbert Baas, dalam kunjungannya di Solo Techno Park (STP), Sabtu kemarin. Sayang, Nobert tidak serta merta mengiyakan permintaan dukungan itu. "Mau di-meeting-kan (oleh pihak Jerman) dulu nanti akan diberitahukan," kata Jokowi.

Kedatangan Nobert merupakan undangan dari Jokowi. Ia mengundang Nobert untuk melihat pembuatan mobil Esemka dari dekat di Solo Techno Park (STP), Solo, Jawa Tengah. STP sebelumnya sempat mendapat bantuan mesin dari lembaga GIZ, Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com