Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Tinggi, 15 Keluarga Mengungsi

Kompas.com - 26/01/2012, 07:46 WIB
Herlambang Jaluardi

Penulis

PALABUHANRATU, KOMPAS.com — Sebanyak 37 orang dari 15 keluarga yang tinggal di tepi Pantai Cipatuguran, Kampung Camara, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengungsi akibat gelombang laut menyentuh rumah mereka, Rabu (25/1/2012) petang.

Mereka mengungsi sejak pukul 18.30 ke tenda yang dibangun Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, tak jauh dari lingkungan tempat tinggal semula. Di tempat penampungan, warga tidur di tenda beralaskan kasur yang mereka pindahkan dari rumah.

Permukiman warga tersebut berada hanya sekitar 10 meter dari bibir pantai. Pernah dibangun tanggul dari kantong pasir setinggi 1,5 meter. Namun saat gelombang menghantam, tanggul tersebut berantakan.

Warga khawatir tidur di rumah karena gelombang cukup tinggi, meski tidak sampai merusak rumah mereka yang berdinding anyaman bambu. Air laut masuk ke daratan sejauh 50 meter, yang menurut warga tidak pernah terjadi sebelumnya.

"Kami mengusulkan ke Dinas Sosial untuk membuat tenda dan memindahkan sementara, hingga gelombang mereda," kata Rahmat Wahyudi, Ketua Paguyuban Taruna Siaga Bencana Kabupaten Sukabumi, Kamis (26/1/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com