Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan TKI Rentan Sebar HIV

Kompas.com - 25/01/2012, 19:41 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Para mantan tenaga kerja Indonesia asal Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu kelompok masyarakat yang sangat rentan menyebarkan virus HIV. Padahal, mereka ini sebelumnya masih sangat sehat sebelum menjadi TKI.

Tidak hanya HIV, mantan TKI itu juga tidak tertutup kemungkinan menyebarkan narkoba di NTT. Kini, narkoba tidak hanya beredar di kota, tetapi sudah merasuk sampai ke desa.

Wagub NTT Esthon Foenay dalam dialog dengan warga eks Timtim dan warga lokal di Hotel Ina Boi, Kupang. Rabu (25/1/2012) mengatakan, NTT sebagai wilayah transit para imigran gelap asal Timur Tengah, terbuka peluang besar bagi penyebaran narkoba dan HIV di wilayah ini.

"Tidak hanya imigran gelap, tetapi mantan TKI dari daerah ini pun sebagai salah satu kelompok masyarakat yang dapat menyebarkan virus HIV," kata Foenay.

Virus HIV pertama kali ditemukan di NTT tahun 1997 dari salah satu mantan TKI di Pulau Adonara, Flores Timur. Kasus HIV/AIDS di NTT saat ini mencapai 1.405 orang terdiri dari 856 HIV dan 549 AIDS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com