Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga dan Polisi Mulai Bersihkan Puing

Kompas.com - 25/01/2012, 10:07 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Warga dan aparat gabungan TNI dan Polri mulai melakukan pembersihan puing rumah yang habis terbakar dalam kerusuhan antarwarga di kawasan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut Kepala bidang Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, di Bandarlampung, Rabu 925/1/12012), kondisi kamtibmas di daerah itu juga mulai kondusif, namun aparat keamanan masih melakukan pengamanan di daerah itu. "Semalam telah terjadi kesepakatan antarwarga dikediaman Bupati Lampung Selatan. Masing-masing pihak berjanji tidak akan berkonflik lagi," katanya.

Mediasi itu dihadiri Kapolda Lampung, Danrem Gatam 103 dan Bupati Lampung Selatan. "Hari ini, warga bersepakat untuk membersihkan sisa-sisa rumah yang terbakar," ujarnya.

Menurut dia, pada hari Rabu semestinya diagendakan pertemuan mediasi antara tokoh warga yang berkonflik di kantor Pemerintahan Provinsi Lampung yang dipimpin Gubernur Lampung Sjachroeddin ZP. Berdasarkan informasi yang dihimpun, bentrokan di Sidomulyo berawal dari masalah parkir pada Minggu. Keributan itu berhasil diredam setelah pihak bertikai, yakni pemuda dari Dusun Napal dan Kotadalam, melakukan perdamaian di Mapolres Lampung Selatan.

Namun keesokan harinya, seorang yang tidak tahu-menahu atas masalah itu, diadang puluhan orang bersenjata tajam di Jalinsum Desa Sukamarga Kalianda saat hendak melintas pulang ke rumahnya.  Informasi pengadangan itu mengakibatkan warga Dusun Napal pada Selasa pagi melakukan penyerangan ke Kotadalam. Siang hari warga Kotadalam yang melakukan penyerangan balik ke Dusun Napal.

Kondisi daerah itu kini kondusif dan sekitar 1.600 aparat gabungan masih melakukan penjagaan di tempat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com