Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Rel Ganda Mulai Berlanjut ke Surabaya

Kompas.com - 25/01/2012, 00:03 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Proyek trek ganda jalur rel kereta api Jakarta-Surabaya segera akan dilanjutkan, setelah lintas Jakarta-Cirebon dan sebagian jalur Brebes-Pekalongan rampung.

Proyek ini berlanjut di ruas jalur Cirebon-Brebes, Pekalongan-Semarang, dan Semarang-Bojonegoro-Surabaya.

Proyek ini dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 9,3 triliun, dan diharapkan bisa mulai digarap serius pada akhir Maret 2012 hingga 2013.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perkerataapian Kementerian Perhubungan Tunjung Indrawan, Selasa (24/1/2012), seusai mengadakan rapat koordinasi dengan para kepala daerah yang wilayahnya dilalui proyek, di Ruang VIP Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah. Hadir dalam rapat itu Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.

"Total jalur yang dibuat ganda mencapai 390 kilometer. Jalur trek ganda yang akan segera digarap mulai akhir Maret 2012 adalah jalur Pekalongan-Semarang," ujar Tunjung Indrawan.

Tunjung mengatakan, proyek jalur ganda kereta api di Jawa merupakan program yang bertujuan pengalihan angkutan barang dari angkutan darat ke kereta api. Program ini pun akan menurunkan emisi gas buang dari angkutan darat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com