Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Wihara Dharma Bakti Lepas Burung sebagai Simbol Kebebasan

Kompas.com - 23/01/2012, 13:20 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Suasana di kompleks Wihara Dharma Bakti yang terletak di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, dipadati masyarakat Tionghoa yang merayakan Tahun Baru Imlek 2563. Selain menyalakan dupa, sebagian masyarakat juga melepaskan burung-burung kecil dari sebuah kotak sebagai tanda kebebasan.

Salah satu masyarakat Tionghoa, Eeng, mengungkapkan bahwa pelepasan burung-burung ini menjadi lambang kebebasan bagi dirinya dan keluarganya. Tentu saja harapan utamanya adalah bebas dari hal-hal buruk dan pengaruh buruk dunia. "Jadi, biar yang buruk-buruk itu dibawa pergi jauh dari keluarga kami dan rezeki keberuntungan selalu menaungi," kata Eeng kepada Kompas.com seusai menjalankan sembahyang di kompleks Wihara Dharma Bakti, Jakarta, Senin (23/1/2012).

Ia datang bersama istri dan kedua anaknya untuk sembahyang di wihara dan mengajarkan kepada kedua anaknya untuk berdoa dan mengucapkan harapannya sebelum melepaskan burung-burung dalam sangkar tersebut. Kedua anak kecil itu pun menunduk dan memejamkan mata sebentar lalu membuka kotak dan burung-burung kecil berhamburan keluar.

"Melepaskan burung seperti ini maknanya sangat dalam. Burung-burung ini terkurung dalam sangkar, padahal harusnya mereka hidup bebas," tutur Eeng.

Hampir setiap tahun, ia dan keluarganya selalu bersembahyang di wihara tertua di Jakarta ini saat perayaan tahun baru. Ia dan keluarga kecilnya serempak menggunakan pakaian warna merah seperti layaknya masyarakat Tionghoa lain yang hadir di kompleks wihara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com